SOAL-SOAL
PILIHAN BERGANDA MATEMATIKA
SMP
KELAS VIII SEMESTER GANJIL
1. Bentuk
( 2x-1) + (x-3) dapat disederhanakan menjadi....
a. 3x
+ 4
b. 3x
– 4
c. 3x
+ 2
d. 3x
– 2
2. Hasil
penyederhanaan bentuk 3( x-2 ) – 2( x + 3 ) adalah...
a. x
– 12
b. x
+ 1
c. x
+ 12
d. x
– 1
3. Hasil
dari ( 4x + 5)(3x – 2) =.......
a. 12x2
-23x-10
b. 12x2+23x-10
c. 12x2-7x-10
d. 12x2+7x-10
4. Hasil
dari (-3x+2)(2x+1) adalah.....
a. 6x2
+ x + 2
b. 6x2
- x + 2
c. -6x2
+ x + 2
d. -6x2
- x + 2
5. Jika
(ax-5)(4x-d)= 8x2 – fx + 30, maka nila f adalah....
a. 32
b. 20
c. -20
d. -32
6. Hasil
dari + adalah....
a.
b.
c.
d.
7. Salah
satu faktor dari -3x2 +2x +5 adalah.....
a. –x+1
b. x-1
c. -3x+5
d. 3x+5
8. Bentuk
lain dari a2 + b2 + 2ab +2c(2c + 3)(2c – 3) =.......
a. (a+b)2
+ 2c(4c2 – 9)
b. (a+b)2
- 2c(4c2 – 9)
c. (a+b)2
+ 8c3 + 18c
d. (a+b)2
- 8c3 - 18c
9. Bentuk
16 -8z + z2 dapat diubah menjadi....
a. (4
– z)(4 + z)
b. (8
+ z)(2 + z)
c. (4
– z)(4 - z)
d. (8
+ z)(2 - z)
10. Bentuk
lain dari 9a2 – 4 adalah....
a. (9a
– 2)(a + 2)
b. (9a
+ 2)(a - 2)
c. (3a
- 2)(3a - 2)
d. (3a
+ 2)(3a - 2)
11. Himpunan
pasangan berurutan yang menunjukkan fungsi f : x →2x +5 dari domain
{1,3,5,7}adalah.....
a. {(1,7),
(3,11), (5,15), (7,19)}
b. {(1,5),
(3,5), (5,5), (7,5)}
c. {(1,2),
(3,7), (5,9), (7,11)}
d. {(7,1),
(11,3), (15,5), (19,7)}
12. Pada
pemetaan {(1,6), (2,5), (3,7), (4,0), (5,1)} domainnya adalah....
a. {1,2,3,4,5,6,7}
b. {1,2,3,4,5}
c. {1,2,3}
d. {0}
13. Jika
f(x) = x2 + 4, maka 29 adalah bayangan dari....
a. 2
b. 3
c. 5
d. 6
14. Banyaknya
pemetaan yang mungkin dari himpunan A = {a,i} ke himpunan A sendiri adalah....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 8
15. Berikut
ini yang merupakan korespondensi satu satu adalah....
a. {(a,1),
(b,1), (c,1)}
b. {(1,a),
(2,c), (3,d)}
c. {(1,b),
(2,c), (3,b)}
d. {(a,b),
(c,d), (b,d)}
16. Pada
fungsi linear f(x) = ax + b dengan f(1) = 0 dan f(0) = -2, rumus fungsi f(x)
=......
a. x
– 4
b. 2x
– 3
c. x
+ 3
d. 2x
+ 5
17. Jika
f(x) = ax + b maka nilai perubahan fungsi f(x) – f(x + 1) =.....
a. 0
b. 1
c. a
d. –a
18. Diketahui
f(x)= 4x – 3. Jika f(a)=17, maka nilai a adalah.....
a. 5
b. 10
c. 18
d. 65
19. Jika
f(x) = 3x – 4 mempunyai pasangan berurutan (a,-4), (1,b), (2,c), dan (3,d),
maka nilai dari ac + bd sama dengan....
a. -10
b. -5
c. 5
d. 10
20. Rumus
suatu fungsi f(x) = mx + n. Jika f(2) =4 dan f(-2) = -8, maka nilai m+n
adalah...
a. -5
b. -1
c. 1
d. 5
21. Persamaan
garis yang melalui titik (0,1) dan (1,6) adalah....
a. x
+ 5y = 5
b. x
= 5y + 1
c. y
= 5x – 5
d. 5x
– y + 1 = 0
22. Persamaan
garis yang bergradien - dan melalui titik (1,3)
adalah....
a. 3x
– y + 10 = 0
b. 3x
– y - 10 = 0
c. x
+ 3y + 10 = 0
d. x
+ 3y - 10 = 0
23. Jika
gradien garis yang melalui titik P (-2,3a0 dan Q (-1,a) adalahb -3 maka nilai a
=....
a. -6
b. -4
c.
d. -
24. Diketahui
garis dengan persamaan berikut.
(i)
2y = 5x – 3
(ii)
5y = 2x +15
(iii)
3x + 5y = 15
(iv)
10 y - 4x = -11
Dari persamaan garis
diatas, yang sejajar dengan garis yang persamaannya 2x – 5y + 15 = 0 adalah....
a. (i)
dan (iii)
b. (ii)
dan (iv)
c. (ii)
dan (iii)
d. (iii)
dan (iv)
25. Persamaan
garis yang melalui titik (2,-3) yang tegak lurus dengan garis x + y = 10
adalah...
a. Y
= x + 5
b. Y
= x – 5
c. Y
= -x + 5
d. Y
= -x – 5
26. Persamaan
garis yang melalui titik (-3,4) dan sejajar dengan garis yang melalui titik
(0,1) dan (1,6) adalah....
a. 2x
– 5y = 11
b. Y
= - x + 19
c. 5x
– y -19 = 0
d. Y
= 5x + 19
27. Titik
(a,b) merupakan titik potong garis y = 3x – 8 dan x + y = 12 nilai dari a + b
adalah....
a. 3
b. 5
c. 10
d. 12
28. Gradien
garis yang tegak lurus garis 2x – y = 4 adalah....
a. -1
b.
c.
d. 2
29. Gradien
persamaan garis yang melalui titik P (-5,4) dan Q(6,-3) adalah....
a. -
b. -
c. -
d. -
30. Pernyataan
berikut yang benar adalah....
a. Garis
3x – y + 5 = 0 melalui titik (2,-3)
b. Gradien
garis 3y – 2x + 5 = 0 adalah
c. Garis
3y – x + 5 = 0 sejajar dengan garis 3x – 9y – 1 = 0
d. Garis
3x + 2y -6 = 0 memeotong sumbu x di (-2,0)
31. Diketahui
sebuah segitiga siku-siku, panjang hipotenusanya 3 cm dan panjang salah satu sisinya 3 cm.
Panjang sisi siku siku yang lain
adalah....
a. 7
cm
b. 9
cm
c. 10
cm
d. 15
cm
32. Suatu
segitiga dengan panjang sisi 4 cm, 5 cm, dan cm, termasuk jenis segitiga....
a. Lancip
b. Sebarang
c. Siku
siku
d. Tumpul
33. Jika
x,61,11 merupakan tripel pythagoras dan 61 bilangan terbesar maka nilai x
adalah....
a. 15
b. 30
c. 45
d. 60
34. Bilangan
berikut yang bukan merupakan tripel pythagoras adalah....
a. 3,4,5
b. 12,
16, 20
c. 4,6,9
d. 10,24,26
35. Panjang
diagonal ruang kubus dengan panjang rusuk 12 cm adalah....
a. 13
cm
b. 13,5
cm
c. 12
cm
d. 12
cm
36. Panjang
sisi siku siku suatu segitiga adalah 4x cm dan 3x cm. Jika panjang sisi
hipotenusanya 35 cm, keliling segitiga tersebut adalah....
a. 68
cm
b. 72
cm
c. 84
cm
d. 96
cm
37. Sebuah
persegi panjang berukuran panjang 24 cm dan panjang diagonalnya 30 cm. Luas
persegi panjang tersebit adalah....
a. 216
cm2
b. 360
cm2
c. 432
cm2
d. 720
cm2
38. Segitiga
ABC siku siku sama kaki dengan panjang AB = AC dan BC = 24 cm. Panjang AB
adalah....
a. 4,9
cm
b. 6,9
cm
c. 8,5
cm
d. 16,9
cm
39. Sebuah
tangga yang panjangnya 6 cm bersandar pada sebuah tiang listrik. Jarak ujung
bawah tangga terhadap tiang listrik adalah 3m, tinggi tiang listrik yang dapat
di capai tangga adalah....
a. 3,5
cm
b. cm
c. cm
d. cm
40. Segitiga
ABC dengan sudut A = 250, sudut B = 300, ditinjau dari
besar sudutnya, maka segitiga ABC termasuk segitiga....
a. Tumpul
b. Lancip
c. Siku-siku
d. Sembarang
41. Data
di bawah ini menunjukkan jenis film yang digemari dalam sebuah kelas. Jika akan
di buat diagram lingkarannya, maka jenis film detektif akan mempunyai sudut
pusat sebesar....
Jenis film
|
frekuensi
|
drama
|
6
|
kungfu
|
12
|
Detektif
|
5
|
Komedi
|
11
|
Fiksi
|
4
|
kartun
|
7
|
a. 360
b. 400
c. 450
d. 720
42. Diketahui
data sebagai berikut.
1. 7,6,8,6,5,4
2. 4,5,5,6,10
3. 8,4,6,6,5,7,7
Data
diatas yang memiliki rata-rata 6 adalah...
a. 1,
2, dan 3
b. 1
dan 2
c. 1
dan 3
d. 2
dan 4
43. Median
dari nilai rapor berikut : 9,8,6,8,7,8,8,7,8,6,6,6 adalah....
a. 6
b. 6,5
c. 7
d. 7,5
44. Perhatikan
tabel.
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
Frekuensi
|
4
|
2
|
6
|
5
|
3
|
Banyak siswa yang nilainya diatas
rata-rata adalah....
a. 14
b. 3
c. 8
d. 16
45. Perhatikan
tabel berikut.
Nilai
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Frekuensi
|
7
|
4
|
0
|
5
|
6
|
6
|
1
|
Median dari nilai ulangan
matematika diatas adalah....
a. 5
b. 8
c. 6
d. 7
46. Nilai
rata-rata tes matematika 15 siswa adalah 6,6. Bila nilai Dinda disertakan maka
nilai rata-ratanya menjadi 6,7. Nilai dinda dalam tes matematika tersebut
adalah...
a. 7,6
b. 7,8
c. 8,2
d. 8,3
47. Perhatikan
tabel tinggi badan siswa kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 berikut.
Tinggi
|
167
|
165
|
162
|
157
|
155
|
154
|
150
|
Banyak
|
3
|
8
|
10
|
6
|
9
|
4
|
1
|
Median data tinggi tersebut
adalah.... cm
a. 157
b. 162
c. 165
d. 167
48. Data
di bawah menunjukkan hasil tes bahasa inggris.
Nilai
|
10
|
9
|
8
|
7
|
6
|
5
|
4
|
Frekuensi
|
1
|
3
|
4
|
8
|
7
|
5
|
3
|
Mean data tersebut adalah....
a. 6,47
b. 6,58
c. 6,74
d. 6,80
49. Nilai
rata-rata ulangan harian matematika dari 28 siswa adalah 6,5. Jika digabungkan
dengan 4 siswa yang nilai rata-ratanya 7,3 maka nilai rata-ratanya sekarang
adalah...
a. 6,9
b. 6,8
c. 6,7
d. 6,6
50. Rata-rata
nilai matematika kelas VII A yang terdiri dari 40 siswa adalah 6,05. Nilai
seorang siswa ditambahkan sehingga rata-rata nilai menjadi 6,1. Berarti nilai
tersebut adalah....
a. 7,01
b. 7,10
c. 8,01
d. 8,10
SOAL-SOAL
ESSAI MATEMATIKA
1. Gambarlah pada kertas berpetak sebuah bidang
koordinat kemudian tentukan letak titik-titik A (-2, 2), B (3, 2), C (3, -3), D
(-2, -3).
2.
Jika koordinat titik A(2,
4), B(2, −5), C(−4, 3), dan D(−6, −7). Tentukan jarak
titik-titik tersebut terhadap sumbu-x dan terhadap sumbu-y?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar