RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP
LAKSAMANA MARTADINATA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1(satu)
Materi Pokok :
Fungsi
Alokasi Waktu
Pertemuan : 10 x 40 menit / 4 kali
pertemuan
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun serta percaya
diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (factual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
4.
Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/terori
B. Kompetinsi
dasar dan indikator
Kompetensi Dasar
(KD)
|
Indikator
|
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.1Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab,
responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan
ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang
terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3
Memiliki sikap terbuka, santun objektif, menghargai pendapat dan karya
teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari
|
|
3.1 Menyajikan fungsi
dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan
bilangan
|
3.1.1Menyajikan
fungsi dalam bentuk himpunan pasangan berurut
3.1.2Menyajikan
fungsi dalam bentuk diagram panah
3.1.3Menyajikan
fungsi dalam bentuk tabel
3.1.4Menyajikan
fungsi dalam bentuk grafik
|
4.1 menggunakan nilai fungsi dalam penyelesaian masalah sehari-hari
|
4.1.1
Menentukan nilai fungsi dalam
penyelesaian masalah sehari-hari
|
C.
Tujuan pembelaran informasi,
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam
penugasan individu dan kelompok, peserta didik dapat:
o
Siswa dapat memahami ciri-ciri fungsi
o
Siswa dapat menentukan nilai funsi dalam bentuk
diagram panah
o
Melalui proses mengamati,
menanya, mengumpulkan
o
Siswa dapat menentukan
nilai funsi dalam bentuk tabel
o
Siswa
dapat menentukan nilai funsi dalam bentuk grafik
o
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan sehari hari yang bekaitan dengan nilai fungsi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Menyajikan
fungsi dalam bentuk himpunan pasangan berurut
2.
Menyajikan
fungsi dalam bentuk diagram panah
3.
Menyajikan
fungsi dalam bentuk tabel
4.
Menyajikan
fungsi dalam bentuk grafik
5.
Menentukan
nilai fungsi
E. Metode
Pembelajaran
- Pendekatan :
saintifik
- model :discovery learning
-
metode :diskusi
F. Media,alat
dan sumber pembelajaran
Media : infokus
alat : Papan
tulis, spidol,penghapus,buku petak,penggaris dan alat-alat tulis lainya
sumber : Indonesia.
Kementrian pendidikan dan kebudayaan ,matematika/kementrian
pendidikan dan kebudayaan jakarta kementrian pendidikan dan
kebudayaan,2014
G. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
(Pertemuan ke-1)
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberi salam, berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek kehadiran
2.
Guru
menyampaikan tentang manfaat belajar menyajikan fungsi
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran serta hasil yang diharapkan dari siswa
4.
Guru
menyampaikan apersepsi: mengenalkan kepada siswa contoh pesa
n
yang terdiri dari kode sandi dan memberitahukan bahwa sandi tersebut akan
bisa ditebak jika ada pola bentuk sandi
|
5 menit
|
Inti
|
1.Mengamati: Setiap siswa dengan
serius mengamati contoh pesan yang disampaikan guru
|
10 menit
|
2..Menanya: Guru mendorong
setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang diamati.
|
10
menit
|
|
1.
Mengumpulkan
Informasi: Secara berkelompok
siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan
tersebut
|
10
menit
|
|
2.
Mengolah
Informasi: Melalui diskusi
dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami tentang menyajikan
fungsi
|
20
menit
|
|
3.
Mengkomunikasikan: Dengan membacakan
jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil
yang diperoleh dalam diskusi
|
15
menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru
bersama-sama dengan siswa merangkum isi pembelajaran
2.
Guru
mengarahkan masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses
pembelajaran yang telah diikuti
3.
Guru
memberi PR
4.
Guru
menyampaikan secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan
berikutnya
5.
Guru
memberi salam
|
10
menit
|
Jumlah
rencana waktu
|
80
menit
|
(Pertemuan ke-2)
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Pendahuluan
|
5.
Guru
memberi salam, berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek kehadiran
6.
Guru
menyampaikan tentang manfaat belajar menyajikan fungsi
7.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran serta hasil yang diharapkan dari siswa
8.
Guru
menyampaikan apersepsi: himpunpunan pasangan berurutan,diagram panah dan diagram cartesius
|
5
menit
|
Inti
|
4.
Guru memberikan himpunpunan
pasangan berurutan,diagram panah dan
diagram cartesiusdengan membuat contoh soal
Contoh-1:
Misalkan A = {1, 2, 3, 4,
5} dan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5} dengan relasi dari A ke B “ satu lebihnya
dari”. Nyatakan relasi tersebut ke dalam a. himpunan pasangan berurut
b. diagram panah
langkah-langkah penyelesaian :
a.
himpunan
pasangan berurut
2.
Mengidentifikasi
anggota A dan anggota B yang sesuai dengan relasi yang ditentukan yaitu “
satu lebihnya dari”
-
1
(anggota A) adalah satu lebihnya dari 0 (anggota B)
-
2
(anggota A) adalah satu lebihnya dari 1 (anggota B)
-
3
(anggota A) adalah satu lebihnya dari 2 (anggota B)
-
4
(anggota A) adalah satu lebihnya dari 3 (anggota B)
-
5
(anggota A) adalah satu lebihnya dari 4 (anggota B)
3.
Memasangkan
setiap anggota A dan anggota B dalam himpunan pasangan berurut
{(1,0), {(2,1), {(3,2), {(4,3), {(5,4)}
b.
diagram
panah
·
membuat
kurva tertutup untuk setiap anggota himpunan A dan juga anggota himpunan B
·
memasangkan
setiap anggota A ke anggota B dalam bentuk diagram panah
5.
Mengamati: Setiap siswa dengan
serius mengamati contoh permasalahan yang disajikan oleh guru.
|
10
menit
|
6.
Menanya: Guru mendorong
setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang diamati.
|
10
menit
|
|
7.
Mengumpulkan
Informasi: Secara berkelompok
siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan
tersebut
|
10
menit
|
|
8.
Mengolah
Informasi: Melalui diskusi
dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami tentang menyajikan
fungsi
|
20
menit
|
|
9.
Mengkomunikasikan: Dengan membacakan
jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil
yang diperoleh dalam diskusi
|
15
menit
|
|
Penutup
|
6.
Guru
bersama-sama dengan siswa merangkum isi pembelajaran
7.
Guru
mengarahkan masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses
pembelajaran yang telah diikuti
8.
Guru
memberi PR
9.
Guru
menyampaikan secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan
berikutnya
10.
Guru
memberi salam
|
10
menit
|
(Pertemuan ke- 3)
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru memberi salam,
berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek
kehadiran
Ø Guru mengali
ingantan siswa tentang bagaimana bentuk aljabar dari suatu cerita
Ø Guru mengali ingatan
siswa tentang fungsi
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru menjelaskan pokok bahasan dari grafik fungsi dengan memberikan contoh soal
Ø Mengamati: Setiap siswa dengan
serius mengamati penjelasan materi
yang disajikan oleh guru.
|
10 menit
|
Ø Menanya: Guru mendorong
setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami dari
penjelasan guru
|
10 menit
|
|
Ø Mengumpulkan
Informasi: Secara berkelompok
siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan
tersebut
|
10 menit
|
|
Ø Mengolah Informasi: Melalui diskusi
dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami sifat perkalian dalam
bentuk aljabar seperti sifat komutatip,asosiatip,dan distributif bentuk
aljabar
|
10 menit
|
|
Ø Mengkomunikasikan: Dengan membacakan
jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil
yang diperoleh dalam diskusi
|
20 menit
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama-sama
dengan siswa merangkum isi pembelajaran
Ø Guru mengarahkan
masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses pembelajaran
yang telah diikuti
Ø Guru memberi PR
Ø Guru menyampaikan
secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan berikutnya
Ø Guru memberi salam
|
10 menit
|
Jumlah
rencana waktu
|
80menit
|
H. Penilaian
(Pertemuan
ke-1)
1).
Teknik Penilaian
NO
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Saat
Penilaian
|
1
|
Jujur
|
Penilaian diri
|
Kegiatan inti dan
penutup
|
2
|
Disiplin
|
Pengamatan/penilaian diri
|
Kegiatan inti dan penutup
|
3
|
Tanggung
jawab
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan penutup
|
4
|
Toleransi
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan penutup
|
5
|
Gotong royong
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan penutup
|
6
|
Santun
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan penutup
|
7
|
Percaya diri
|
Pengamatan
|
Kegiatan inti dan penutup
|
2).
Bentuk dan Instrumen Penilaian serta Pedoman Penskoran
Tes Uraian:
Pertemuan 1
1. Perhatikan aturan sandi berikut
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
J
|
K
|
L
|
M
|
N
|
O
|
P
|
Q
|
R
|
S
|
T
|
U
|
V
|
W
|
X
|
Y
|
Z
|
q
|
w
|
e
|
r
|
T
|
y
|
u
|
i
|
o
|
p
|
a
|
s
|
d
|
f
|
g
|
h
|
j
|
k
|
l
|
z
|
x
|
c
|
v
|
b
|
n
|
m
|
Tulislah arti pesan sandi berikut
a.gkqfu zxqax qrqsqi uxkxax atzoaq ro kxdqi
b.uxkxax qrqsqi gkqfu zxqax ro ltagsqi
2. Sandikan pesan berikut :
a.”SAYA ANAK INDONESIA”
b.”MATEMATIKA ADALAH KEHIDUPANKU”
kunci Jawaban :
1.
a.ORANG TUAKU ADALAH GURUKU KETIKA DI RUMAH
b.GURUKU ADALAH ORANG BTUAKU KETIKA DISEKOLAH
2.
a.lqnq qfqa ofrqftloq
b.dgztdqzoaq qrqsqi atior atiorxhgfax
Pertemuan
2
4.
g adalah fungsi dari
himpunan A ke himpunan B yang didepenisikan dengan diagram panah sebagai
berikut
Nyatakan fungsi g di atas dengan
cara :
a.pasangan berurutan
b. tabel
c.grfik
Kunci
jawaban :
1. a.{ ( a,1 )( b,1 )( c,3 ) }
b.
A
|
a
|
b
|
c
|
F(x)
|
1
|
2
|
3
|
c.
-
- .
-
-
. .
.
a b c
Pertemuan
3
1. Diketahui fungsi f dirumuskan dengan f(x)
= -3x + 6
a. Tentukan banyangan dari -3 dan 2
b. Jika f(a) = -9 ,tentukan nilai a
Kunci
jawaban :
1
a.f(x)
= -3 x + 6 = -3 ( -3 ) + 6 = 9 + 6 = 15
f (x) =
-3 x + 6 = -3 ( 2 ) + 6 = -6 + 6 = 0
b.f (a)
= -3a + 6 = -9
-3a
= -9 – 6
-3a = -15
a = 5
3). Lembar Pengamatan sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Jum lah
|
Rata-rata
|
||||||
Skor
|
||||||||||
J
|
D
|
TJ
|
T
|
GR
|
S
|
P
|
||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
…
|
||||||||||
50
|
NO
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
TANDA
( )
|
1
|
Jujur
|
|
2
|
Disiplin
|
|
3
|
Tanggung jawab
|
|
4
|
Toleranri
|
|
5
|
Gotong royong
|
|
6
|
Santun
|
|
7
|
Percaya diri
|
Kriteria:
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
4). Lembar nilai pencapaian pengetahuan
Nomor
|
Nama
Siswa / Siswi
|
L/P
|
AG
|
NILAI Kompetensi Dasar
|
RNKD
|
NTS
|
NUS
|
RT
|
KONVERSI
|
PRED
|
||||||||||
Urut
|
Induk
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||||||
1
|
||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||
50
|
skala penilaian nilai angka 0 - 100
5). lembar nilai pencapaian keterampilan
NO
|
NAMA
|
praktek
|
Projek
|
p.folio
|
NR
|
Rata-rata
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
0-100
|
.1-4
|
|||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
….
|
|||||||||||||
50
|
Kriteria:
4 = sangat terampil
3 = terampil
2 = cukup terampil
1 = tidak terampil
96-100
|
86-100
|
4
|
A
|
SB
|
91-100
|
81-85
|
3,66
|
A-
|
|
85-90
|
76-80
|
3,33
|
B+
|
B
|
80-84
|
71-75
|
3
|
B
|
|
75-79
|
66-70
|
2,66
|
B-
|
|
70-74
|
61-65
|
2,33
|
C+
|
C
|
65-69
|
56-60
|
2
|
C
|
|
60-64
|
51-55
|
1,66
|
C-
|
|
55-59
|
46-50
|
1,33
|
D+
|
K
|
< - 54
|
0-45
|
1
|
D
|
Medan, Juli 2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah
Smp
Laksamana Martadinata Guru
Mata Pelajaran
Dra. Surita M.Pd Rika mawarni,S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar