STRATEGI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
“Media
Pembelajaran Matematika”
Oleh:
Kelompok 8
NAMA NPM
Trini Swarni Nababan 11150
Roma Pandiangan 11150276
Tiurma Lasma Sianturi 11150260
Tyar Novelisa Sianipar 11150261
GRUP : B
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
HKBP NOMMENSEN MEDAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur diucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat, rahmat,
dan karuniaNYA, makalah yang berjudul Media Pembelajran Matematika ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya. Selanjutnya saya ucapkan terima kasih kepada Dosen
Pengampu mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika, Ibu Golda N.
Siregar, M.Pd. yang telah memberikan bimbingan, petunjuk, motivasi, dan
berbagai kemudahan lainnya. Makalah ini disusun demi memenuhi tugas kelompok.
Makalah
ini merupakan hasil kerja yang sesuai dengan tenaga dan kemampuan yang ada pada
penulis. Namun penulis menyadari bahwa makalah ini banyak memiliki
kekurangan atau kesalahan, baik dari segi isinya, bahasa, analisis dan lain
sebagainya. Untuk itu saran, kritik, dan perbaikan yang membangun dari pembaca
dengan senang hati penulis terima diiringi ucapan terima kasih.
Disamping
itu, dalam menyelesaikan makalah ini banyak rintangan yang dialami oleh
penulis. Namun dengan tekad dan semangat yang kuat semua rintangan itu dapat
diatasi. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para
pembaca,
Terima Kasih
Medan, 11 Juni 2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.....................................................................................................i
DAFTAR ISI....................................................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang .......................................................................................................1
B. Rumusan Masalah.................................................................................................1
C. Tujuan Penulisan...................................................................................................2
A. Latar Belakang .......................................................................................................1
B. Rumusan Masalah.................................................................................................1
C. Tujuan Penulisan...................................................................................................2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Pembelajaran..............................................................................3
B. Fungsi dan
manfaat media pembelajaran................................................................4
1. Fungsi media pembelajaran..................................................................................4
2. Manfaat media pembelajaran...............................................................................5
C. Teknik Pemilihan Media Pembelajaran...................................................................5
D. Persyaratan Media Pembelajaran matematika..........................................................6
E. Makna Empat Fungsi Media dalam
Matematika......................................................7
F. Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media dalam
Matematika.....................8
G. Contoh Media dalam Pembelajaran Matematika.......................................................8
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................................10
B. Saran..........................................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................11
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaat hasil-hasil
teknologi dalam proses belajar. Para pendidik dituntut agar mampu menggunakan
media yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak tertutup kemungkinan bahwa
media tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Berbagai macam media pembelajaran
merupakan salah satu faktor penunjang yang penting dalam proses
peningkatan belajar. Ada dua unsur yang amat penting dalam
pembelajaran yaitu metode mengajar dan media pengajaran. Perkembangan teknologi
juga sangat berperan penting dalam proses pembelajaran serta penggunaan alat
bantu sangat membantu aktivitas proses belajar mengajar di kelas terutama
peningkatan prestasi belajar siswa atau mahasiswa. Penggunaan media pengajaran
turut menentukan keberhasilan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Media
memiliki kekuatan positif yang mampu membuat proses pembelajaran lebih kreatif
dan dinamis.
Saat ini peran media sangat
dibutuhkan dalam proses pembelajaran, media bukan hanya sekedar alat bantu
tetapi sudah merupakan bagian yang penting dalam sistem pendidikan dan
pembelajaran. Untuk itu para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat
yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak tertutup kemungkinan bahwa
alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
B. Rumusan Masalah
Rumusan
masalah dalam makalah ini adalah:
1. Pengertian
dari media pembelajaran.
2. Fungsi dan
manfaat media pembelajaran.
3. Apa saja teknik
pemilihan media pembelajaran.
4. Apa saja
persyaratan untuk memilih media pembelajaran dalam matematika.
5. Apa saja makna
empat fungsi dalam matematika.
6. Apa saja
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media dalam Pembelajaran
Matematika.
7. Contoh media
pembelajaran dalam matematika.
C. Tujuan Penulisan
Makalah ini bertujuan untuk
menyelesaikan tugas kelompok dari mata kuliah strategi pembelajaran matematika
dan juga untuk menambah pengetahuan kita dalam memahami fungsi media dalam
pembelajaran matematika.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa
Latin medius yang secara harfiah berarti tengah,
perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Beberapa pengertian media menurut para ahli akan
diberikan sebagai berikut:
1. Gerlach dan Ely mengatakan bahwa
media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian
yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan,
atau sikap. Dalam pengertian ini guru, teks, dan lingkungan sekolah merupakan
media. Secara lebih khusus pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung
diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elewktronis untuk
menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
2. AECT memberikan batasan tentang media sebagai segala
bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.
3. Menurut Fleming ( 1987: 234 ) adalah penyebab
atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Dengan
istilah mediator media menunjukkan fungsi atau perannya, yaitu mengatur
hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar- siswa dan
isi pelajaran. Ringkasnya, media adalah alat yang menyampaikan atau
menghantarkan pesan-pesan pengajaran.
4. Heinich dan kawan-kawan (1982) mengemukakan istilah
medium sebagai perantara yang mengantar inforamasi antara sumber dan penerima.
Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan
instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut
media pengajaran.
5. Hamidjojo dalam Latuheru (1993) memberi batasan media
sebagai semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan
atau meyebar ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada
penerima yang dituju.
6. Gagne dan Brigs (1975) secara implisit mengatakan bahwa
media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk meyampaikan
isi materi pengajaran, yang terdiri dari buku, tape-recorder, kaset, video
camera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik,
televisi, dan komputer.
7. National Education Association memberikan definisi
media sebagai bentu-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio-visual dan
peralatannya. Dengan demikian media dapat dimanipulasi, dilihat, didengar atau
dibaca.
Secara umum, media pembelajaran dapat dikelompokkan kedalam media cetak dan
non cetak, atau media elektronik dan non elektronik. Santosa (2002:10).
Beberapa jenis media pembelajaran yang sering digunakan diantaranya:
1. Media pandang, dengar, dan gerak.
Contoh: VCD dan Film.
2. Media pandang gerak. Contoh: film tak
bersuara
3. Media pandang diam. Contoh: OHT (Over
Head Transparancy), slide, gambar, chart,
poster.
4. Media dengar. Contoh: rekaman (kaset
dan CD)
5. Media cetak. Contoh: buku ajar, LKS,
majalah, koran.
6. Multimedia. Contoh: komputer, slide
berangkai.
B. Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
1. Fungsi Media Pembelajaran
Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang
turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan
diciptakan oleh guru. Beberapa fungsi media pembelajaran menurut beberapa ahli
adalah sebagai berikut:
Menurut Levied an lentz (1982) ada empat funsi media
pembelajaran, khusunya media visual yaitu:
1. Fungsi atensi, yatu menarik dan mengarahkan perhatian
siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan magna
visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2. Fungsi efektif, Media visual dapat terlihat dari
tingkat kenikmatan siswa ketika belajar teks yang bergambar.
3. Fungsi kognitif, Media visual terlihat dari temuan-temuan
penelitian yang mengungkapkan bahwa lambing visual atau gambar memperlancar
pencapaian tujuan untuk memahami dan mengigat informasi atau pesan yang
terkandung dalam gambar.
4. Fungsi kompensatoris, Media pelajaran terlihat dari
hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks,
membantu siswa yang lemah dalam membaca, untuk mengorganisasikan informasi
dalam teks dan mengigatnya kembali.
2. Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara
guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Sedangkan
secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
1. Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
dengan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antara guru dapat dihindari
dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara siswa dimanapun
berada.
2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik karena
media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan, dan warna
baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guu menciptakan suasana
belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan.
3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, dengan
adanya media akan terjadinya komunikasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa
media guru cendrung bicara satu arah.
4. Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku. Setiap
pelajaran yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan
yang sama.
5. Pembelajaran bias lebih menarik.
6. Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat
disingkat dan dapat dengan mudah diserap oleh siswa.
7. Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana
diinginkan
8. Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari
dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan.
C.Teknik Pemilihan Media
Pembelajaran
1. Pemilihan
media pembelajaran
Pemilihan
dan penggunaan media pembelajaran harus melibatkan tenaga yang mampu, terampil,
dan profesional untuk memanfatakan disetiap lembaga pendidikan. Biaya yang
dibutuhkan juga harus tersedia dan terjangkau oleh suatu lembaga yang
bersangkutan.
Heinich
dan kawan-kawan (1982) megajukan model perencanaan penggunaan media efektif
yang dikenal dengan istilah ASSURE. Model ini menyarankan enam kegiatan utama
dalam perancanaan pembelajaran yaitu:
a. Menganalisis karakteristik umum kelompok sasaran,apakah
mereka siswa lanjutan atau perguruan tinggi.
b. Menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku
atau kemampuan baru apa yang diharapkan siswa miliki dan kuasai setelah proses
belajar mengajar selesai.
c. Memilih, memodifikasi, atau merancang dan mengembangkan
materi dan media yang tepat.
d. Merupakan materi dan media, Setelah memilih materi dan
media yang tepat, diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu
diperlukan untuk menggunakannya.
e. Meminta tanggapan dari siswa. Guru sebaiknya mendorong
siswa untuk memberikan respons dan umpan balik mengenai keefektifan proses
belajar.
f. Mengevaluasi proses belajar. Tujuannya untuk
mengetahui tingkat pencapaian siswa mengenai tujuan pembelajaran, keefektifan
media, pendekatan, dan guru sendiri.
Dalam penggunaan media pembelajaran harus ada penjelasan mengenai maksud
dan tujuan pemilihan media pembelajaran. Hal yang harus diperhatikan adalah fasilitas
media, yaitu mengenal ciri-ciri dan sifat-sifat media pembelajaran yang akan
dipilih.
D.
Persyaratan media pembelajaran Matematika
Menurut E. T. Ruseffendi beberapa persyaratan media pembelajaran
matematika, diantaranya adalah :
1. Tahan lama (dibuat dari bahan-bahan yang cukup kuat),
2. Bentuk dan warnanya menarik,
3. Sederhana dan mudah dikelola (tidak rumit),
4. Ukurannya sesuai (seimbang) dengan ukuran fisik
anak,
5. Dapat menyajikan konsep matematika, baik dalam
bentuk real, gambar atau diagram,
6. Sesuai dengan konsep pada matematika,
7. Dapat memperjelas konsep
matematika dan bukan sebaliknya (mempersulit pemahaman matematika),
8. Peragaan itu agar menjadi dasar bagi tumbuhnya
konsep berpikir abstrak bagi siswa,
9. Bila kita mengharapkan agar siswa itu aktif
(sendiri atau berkelompok) alat peraga itu
dapat dimanipulasikan, yaitu
dapat diraba, dipegang, dipindahkan, dimainkan,
dipasangkan, dicopot (diambil
dari susunannya).
10. Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi
pelajaran, metode mengajar
yang digunakan serta
karakteristik siswa yang belajar (tingkat pengetahuan siswa,
bahasa siswa, dan jumlah siswa
yang belajar),
12. Untuk dapat memilih media dengan tepat, guru harus mengenal
ciri-ciri dan tiap tiap
media pembelajaran,
13. Pemilihan media pembelajaran harus berorientasi pada
siswa yang belajar, artinya
pemilihan media untuk
meningkatkan efektivitas belajar siswa, pemilihan media harus
mempertimbangkan biaya
pengadaan, ketersediaan bahan media, mutu media, dan
lingkungan fisik tempat siswa
belajar.
E. Makna
Empat Fungsi Media dalam Matematika
1. Berfungsi untuk membantu sajian
materi. Dengan media pembelajaran matematika pengajaran dapat menarik dan
memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan dan
materi matematika yang menjadi prasyarat yang menunjang materi lainnya akan
mengendap, melekat dan dipahami siswa sehingga ketika memasuki materi pokok
materi prasyarat tidak perlu diulang untuk diajarkan. Misalnya: materi
persamaan, jika menggunakan alat peraga mereka akan lebih antusias dalam belajar,
yang mengakibatkan pemahaman siswa akan melekat, sehingga ketika memasuki
materi pertidaksamaan materi tentang persamaan tidak perlu diajarkan kembali
hanya diriview saja.
2. Berfungsi untuk meningkatkan
motivasi belajar. Media pembelajaran matematika dapat mendorong keinginan siswa
untuk mengetahui lebih banyak dan mendalam tentang materi atau pesan yang
disampaikan oleh guru atau pendidik, sehingga memotivasi siswa dan partisipasi
siswa dominan. Contoh: dengan menggunakan media flash sajian materi lebih
menarik serta antusias siswa dalam belajar meningkat, rasa kantuk pun akan
terkalahkan, karena gambar, suara dan video akan lebih menarik untuk mereka.
3. Berfungsi untuk memudahkan
pemahaman, artinya dengan alat pembelajaran matematika siswa diharuskan
berpartisipasi lebih aktif, mereka tidak hanya melihat, mendengar, dan
memperhatikan saja, tetapi mereka juga harus melakukan latihan, sehingga
pembelajaran bisa tercapai, konsep dibangun oleh siswa sendiri. Contohnya :
dalam metode eliminasi, apabila disajikan dalam alat peraga maka tiap langkah
yang harus dilakukan tidak dihapal oleh siswa tetapi dipahami, mereka membangun
konsep sendiri dan mereka tahu alasan melakukan tiap langkah tersebut.
4. Berfungsi untuk mengkonkritkan
konsep. Dengan alat pembelajaran matematika, materi matematika yang abstrak
disajikan kedalam pendekatan yang lebih konkret, ada visualisasinya, serta
manfaat dalam mempelajari materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: dalam
satuan matematika,misalnya 1000cm3 = 1 liter, kita gunakan
pendekatan dengan menghitung volume kubus yang rusuknya 10 cm,setelah diperoleh
volumenya,kemudian kita masukan air kedalam kubus dengan rusuk 10cm
tersebut,air yang tertampung akan sebanyak 1 liter,jadi 1 liter = 1000cm3.
F.
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Media dalam Pembelajaran
Matematika
Adapun kelebihan menggunakan media
dalam pembelajaran matematika antara lain:
1. Bahan pelajaran akan lebih jelas
maknanya sehingga lebih jelas dipahami siswa
sehingga memungkinkan siswa
menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
2. Metode mengajar akan lebih bervariasi.
3. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan
belajar.
4. Motivasi belajar dari para siswa
dapat ditumbuhkan / dinaikkan.
5. Dapat mengatasi sifat pasif dari para
siswa.
G. Contoh Media
Pembelajaran dalam Matematika
Salah
satu contoh media pembelajaran yaitu media pelajaran jaring-jaring tabung yang
terbuat dari karpet.
1. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat media
pelajaran yang terbuat dari karpet yaitu:
a. Karpet tipis yang tidak berbullu dengan ukuran
2-3 cm
b. Resleting
c Gunting
d. Penggaris
e. Jangka
f. Busur
2. Cara membuat media
pembelajaran jaring-jaring tabung yang terbuat dari karpet yaitu:
a. Siapkan karpet, busur, penggaris dan
jangka
b. Gambarlah dua buah lingkarann pada
karpet yang telah disediakan yang
masing – masing lingkaran
tersebut mempunyai luas dan jari – jari yang sama,
dengan menggunakan penggaris,
busur dan jangka yang telah disediakan.
c. Buatlah bangun ruang persegi yang masing
–masing sisi - sisinya sama dengan
luas lingkaran yang
sebelumnya telah dibuat.
d. Kemudian gambarlah pada karpet.
e. Potonglah masing – masing bangun ruang
tersebut.
f. Tempelkan resleting tempel pada titik – titik yang akan disambungkan.
g. Susunlah masing – masing bangun ruang tersebut
agar membentuk tabung.
h. Pastikan masing – masing bangun ruang tersebut
dapat dibuka dan ditutup kembali
agar mempermudah untuk
dijadikan sebagai media pembelajaran matematika pada
materi bangun ruang khususnya
tabung.
3. Manfaat media pembelajaran
jaring-jaring tabung dari karpet yaitu:
Ada beberapa kegunaan media pembelajaran ini dalam proses belajar mengajar,
baik untuk peserta didik itu sendiri maupun untuk pendidik, berikut adalah
manfaatnya:
a. Bagi peserta didik, mempermudah
peserta didik dalam mencerna materi bangun ruang khususnya pada materi tabung,
menuntun peserta didik dapat berpikir kreatif dan kritis, peserta didik dapat
mengembangkan pemikirannya melalui media pembelajaran ini tentang materi bangun
ruang, peserta didik dapat bereksperimen sesuai dengan kemampuannya, ilmu yang
diperoleh merupakan hasil dari pola pikir peserta, peserta didik dapat
membangun pengetahuannya agar lebih memahami konsep materi yang diajarkan.
b. Sedangkan bagi pendidik mempermudah
proses belajar mengajar, menghemat waktu, memacu pendidik agar lebih berpikir
kreatif, inovatif dan edukatif, Dapat dijadikan referensi sebagai media
pembelajaran yang dapat digunakan untuk materi selanjutnya.
4. Kerugian dan kelemahan media
pembelajaran jaring-jaring tabung yang terbuat dari
karpet yaitu:
1. Biaya yang dikeluarkan lebih besar, karena harus
membeli dan menyediakan bahan-bahan untuk membuat media pembelajaran ini.
2. Tidak praktis dan ekonomis, karena kita terlebih dahulu
merancang atau membuat media pembelajarannya.
3. Lebih lama memakan waktu jam pelajaran dalam proses
pembuatannya.
4. Bagi anak yang mempunyai kelemahan dalam menyerap
materi pelajaran maka akan lebih menjadi rumit dengan adanya media ini.
5 Dapat
memakan waktu yang cukup lama dalam memikirkan inovasi –inovasi yang lainnya
untuk dapat memperbaharui media pembelajaran pada materi selanjutnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media adalah komponen sumber belajar
atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang
dapat merangsang siswa untuk belajar. Secara umum manfaat media pembelajaran
adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan
pembelajaran lebih efektif dan efisien serta sebagai alat bantu mengajar yang
turut mempengaruhi iklim,kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan
diciptakan oleh guru. Dengan menggunakan media pembelajaran maka akan
mempermudah pendidik dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran
matematika yang sangat dienggani oleh para peserta didik.
Untuk itu sebagai pendidik sudah
sepatutnya kita membuat matematika agar lebih disegani oleh para siswa, jadikan
matematika itu lebih menyenangkan dan mengasyikan dalam proses belajar
mengajarnya. Oleh karena sangatlah penting dalam proses mengajar itu
menggunakan media sebagi bahan untuk menyampaikan materi agar peserta didik
dapat lebh memahami yang disampaikan oleh pendidik. Media pembelajaran ini juga
berfungsi untuk memperbaiki metode pengajaran
B. Saran
Seorang guru harus bisa memanfaatkan
media pembelajaran, dan memperdalam pengetahuan tentang media pembeljaran demi
mendukung tercapainya tujuan yang diinginkan,danmendapatkan siswa dan siswi
yang berprestasi.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo
Persada.
http://www.anekamakalah.com/2012/07/makalah-pembelajaran-matematika.html
didowload Senin,09-06-2014
didowload Selasa,10-06-2014
didownload
Rabu,11-06-2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar