SELAMAT DATANG DI BLOG ROMA

Senin, 17 November 2014

RPP FUNGSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                : SMP LAKSAMANA MARTADINATA
Mata Pelajaran                         : Matematika
Kelas/Semester                                    : VIII/1(satu)
Materi  Pokok                          : Fungsi
Alokasi Waktu Pertemuan       : 10 x 40 menit / 4 kali pertemuan


A.  Kompetensi Inti (KI)
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun serta percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan social dan  alam dalam jangkauan pergaulan dan  keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (factual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,  dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di  sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/terori

B.   Kompetinsi dasar dan indikator
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.1Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, konsisten dan teliti, bertanggung  jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya  pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

3.1  Menyajikan fungsi dalam berbagai  bentuk relasi,  pasangan  berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan
3.1.1Menyajikan fungsi dalam bentuk himpunan pasangan berurut
3.1.2Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah
3.1.3Menyajikan fungsi dalam bentuk tabel
3.1.4Menyajikan fungsi dalam bentuk grafik
4.1  menggunakan nilai fungsi  dalam penyelesaian masalah sehari-hari
4.1.1 Menentukan nilai fungsi  dalam penyelesaian masalah sehari-hari


C.   Tujuan pembelaran informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, peserta didik dapat:
o   Siswa dapat memahami ciri-ciri fungsi
o   Siswa dapat menentukan nilai funsi dalam bentuk diagram panah
o   Melalui proses  mengamati, menanya, mengumpulkan
o   Siswa dapat  menentukan nilai funsi dalam bentuk tabel
o   Siswa dapat menentukan nilai funsi dalam bentuk grafik
o   Siswa dapat menyelesaikan permasalahan sehari hari yang bekaitan dengan nilai fungsi



D.  Materi Pembelajaran
1.      Menyajikan fungsi dalam bentuk himpunan pasangan berurut
2.      Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah
3.      Menyajikan fungsi dalam bentuk tabel
4.      Menyajikan fungsi dalam bentuk grafik
5.      Menentukan nilai fungsi
E.   Metode Pembelajaran
- Pendekatan        : saintifik
- model                 :discovery learning
- metode                :diskusi

F.   Media,alat dan sumber pembelajaran
Media       : infokus
alat           : Papan tulis, spidol,penghapus,buku petak,penggaris dan alat-alat tulis lainya          
sumber     : Indonesia. Kementrian pendidikan dan kebudayaan  ,matematika/kementrian pendidikan dan     kebudayaan  jakarta kementrian pendidikan dan kebudayaan,2014

G.  Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
(Pertemuan ke-1)
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan
1.    Guru memberi salam, berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek  kehadiran
2.    Guru menyampaikan tentang manfaat belajar menyajikan fungsi
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta hasil yang diharapkan dari siswa
4.    Guru menyampaikan apersepsi: mengenalkan kepada siswa contoh pesa
n yang terdiri dari kode sandi dan memberitahukan bahwa sandi tersebut akan bisa ditebak jika ada pola bentuk sandi 


5 menit
Inti
1.Mengamati: Setiap siswa dengan serius mengamati contoh pesan yang disampaikan guru

10    menit
2..Menanya: Guru mendorong setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang diamati.
10 menit
1.    Mengumpulkan Informasi: Secara berkelompok siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan tersebut
10 menit
2.    Mengolah Informasi: Melalui diskusi dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami tentang menyajikan fungsi
20 menit
3.    Mengkomunikasikan: Dengan membacakan jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil yang diperoleh dalam diskusi
15 menit
Penutup
1.    Guru bersama-sama dengan siswa merangkum isi pembelajaran
2.    Guru mengarahkan masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses pembelajaran yang telah diikuti
3.    Guru memberi PR
4.    Guru menyampaikan secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan berikutnya
5.    Guru memberi salam
10 menit
Jumlah rencana waktu
80 menit

(Pertemuan ke-2)
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan
5.    Guru memberi salam, berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek  kehadiran
6.    Guru menyampaikan tentang manfaat belajar menyajikan fungsi
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta hasil yang diharapkan dari siswa
8.    Guru menyampaikan apersepsi: himpunpunan pasangan berurutan,diagram  panah dan diagram cartesius
5 menit
Inti
4.    Guru memberikan himpunpunan pasangan berurutan,diagram  panah dan diagram cartesiusdengan membuat contoh soal
Contoh-1:
Misalkan A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5} dengan relasi dari A ke B “ satu lebihnya dari”. Nyatakan relasi tersebut ke dalam   a.  himpunan pasangan berurut
                        b. diagram panah
langkah-langkah penyelesaian :
a.       himpunan pasangan berurut
2.         Mengidentifikasi anggota A dan anggota B yang sesuai dengan relasi yang ditentukan yaitu “ satu lebihnya dari”
-          1 (anggota A) adalah satu lebihnya dari 0 (anggota B)
-          2 (anggota A) adalah satu lebihnya dari 1 (anggota B)
-          3 (anggota A) adalah satu lebihnya dari 2 (anggota B)
-          4 (anggota A) adalah satu lebihnya dari 3 (anggota B)
-          5 (anggota A) adalah satu lebihnya dari 4 (anggota B)
3.         Memasangkan setiap anggota A dan anggota B dalam himpunan pasangan berurut
{(1,0), {(2,1), {(3,2), {(4,3), {(5,4)}

b.      diagram panah
·         membuat kurva tertutup untuk setiap anggota himpunan A dan juga anggota himpunan B
·         memasangkan setiap anggota A ke anggota B dalam bentuk diagram panah

5.     Mengamati: Setiap siswa dengan serius mengamati contoh permasalahan yang disajikan oleh guru.
10 menit
6.    Menanya: Guru mendorong setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang apa yang diamati.
10 menit
7.    Mengumpulkan Informasi: Secara berkelompok siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan tersebut
10 menit
8.    Mengolah Informasi: Melalui diskusi dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami tentang menyajikan fungsi
20 menit
9.    Mengkomunikasikan: Dengan membacakan jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil yang diperoleh dalam diskusi
15 menit
Penutup
6.    Guru bersama-sama dengan siswa merangkum isi pembelajaran
7.    Guru mengarahkan masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses pembelajaran yang telah diikuti
8.    Guru memberi PR
9.    Guru menyampaikan secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan berikutnya
10.                Guru memberi salam
10 menit

(Pertemuan ke- 3)
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam, berdoa yang dipimpin ketua kelas dan mengecek  kehadiran
Ø  Guru mengali ingantan siswa tentang bagaimana bentuk aljabar dari suatu cerita
Ø  Guru mengali ingatan siswa tentang fungsi
10 menit
Inti
Ø  Guru menjelaskan pokok bahasan dari  grafik fungsi dengan memberikan contoh soal
Ø  Mengamati: Setiap siswa dengan serius mengamati penjelasan materi  yang disajikan oleh guru.
10 menit
Ø  Menanya: Guru mendorong setiap siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami dari penjelasan guru
10 menit
Ø  Mengumpulkan Informasi: Secara berkelompok siswa menuliskan sebanyak mungkin informasi yang didapat dari pengamatan tersebut
10 menit
Ø  Mengolah Informasi: Melalui diskusi dalam kelompok siswa mengolah informasi guna memahami sifat perkalian dalam bentuk aljabar seperti sifat komutatip,asosiatip,dan distributif bentuk aljabar
10 menit
Ø  Mengkomunikasikan: Dengan membacakan jawaban ataupun melalui persentase, setiap kelompok mengkomunikasikan hasil yang diperoleh dalam diskusi
20 menit
Penutup
Ø  Guru bersama-sama dengan siswa merangkum isi pembelajaran
Ø  Guru mengarahkan masing-masing siswa untuk melakukan penilaian diri selama proses pembelajaran yang telah diikuti
Ø  Guru memberi PR
Ø  Guru menyampaikan secara singkat tentang materi pemberlajaran pada pertemuan berikutnya
Ø  Guru memberi salam
10 menit
Jumlah rencana waktu
80menit


H.  Penilaian
 (Pertemuan ke-1)
1). Teknik Penilaian
NO
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Saat Penilaian
1
Jujur
Penilaian diri
Kegiatan inti dan  penutup
2
Disiplin
Pengamatan/penilaian diri
Kegiatan inti dan penutup
3
Tanggung  jawab
Pengamatan
Kegiatan inti dan penutup
4
Toleransi
Pengamatan
Kegiatan inti dan penutup
5
Gotong royong
Pengamatan
Kegiatan inti dan penutup
6
Santun
Pengamatan
Kegiatan inti dan penutup
7
Percaya diri
Pengamatan
Kegiatan inti dan penutup



2). Bentuk dan Instrumen Penilaian serta Pedoman Penskoran
Tes Uraian:
Pertemuan 1
1.      Perhatikan aturan sandi berikut
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z
q
w
e
r
T
y
u
i
o
p
a
s
d
f
g
h
j
k
l
z
x
c
v
b
n
m

Tulislah arti pesan sandi berikut
a.gkqfu zxqax qrqsqi uxkxax atzoaq ro kxdqi
b.uxkxax qrqsqi gkqfu zxqax  ro ltagsqi
2.      Sandikan pesan berikut :
a.”SAYA ANAK INDONESIA”
b.”MATEMATIKA ADALAH KEHIDUPANKU”
kunci Jawaban :
1.      a.ORANG TUAKU ADALAH GURUKU KETIKA DI RUMAH
b.GURUKU ADALAH ORANG BTUAKU KETIKA DISEKOLAH
2.      a.lqnq qfqa ofrqftloq
b.dgztdqzoaq qrqsqi atior atiorxhgfax
Pertemuan 2
4.         g adalah fungsi dari himpunan A ke himpunan B yang didepenisikan dengan diagram panah sebagai berikut
Nyatakan fungsi g di atas dengan cara :
a.pasangan berurutan
b. tabel
c.grfik
Kunci jawaban :
1.    a.{ ( a,1 )( b,1 )( c,3 ) }
b.
A
a
b
c
F(x)
1
2
3

c.
                               
                    -                      
                    -        .
                    -
                               -   .    .    .
                                   a    b   c       




Pertemuan 3
1.    Diketahui fungsi f dirumuskan dengan f(x)  =  -3x + 6
a.       Tentukan banyangan dari -3 dan 2
b.      Jika f(a)  =  -9 ,tentukan nilai a

Kunci jawaban          :
1        a.f(x) = -3 x + 6 = -3 ( -3 ) + 6  = 9 + 6 = 15
            f (x) =  -3 x + 6 = -3 ( 2 ) + 6  =  -6  +  6  =  0
b.f (a) = -3a + 6 =  -9
       -3a  = -9 – 6
          -3a = -15
             a = 5

3). Lembar Pengamatan sikap
No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Jum lah
Rata-rata
Skor
J
D
TJ
T
GR
S
P
1










2




















50











NO

ASPEK YANG DINILAI
TANDA
 (   )
1
Jujur

2
Disiplin

3
Tanggung jawab

4
Toleranri

5
Gotong royong

6
Santun

7
Percaya diri




Kriteria:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
4). Lembar nilai pencapaian pengetahuan
Nomor
Nama Siswa / Siswi
L/P
AG
NILAI  Kompetensi Dasar
RNKD
NTS
NUS
RT
KONVERSI
PRED
Urut
Induk
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
2
50












skala  penilaian nilai angka 0 - 100




     5). lembar nilai  pencapaian keterampilan
NO
NAMA
praktek
Projek
p.folio
NR
Rata-rata
1
2
3
1
2
3
1
2
3
0-100
.1-4
1













2













….













50














Kriteria:
4 = sangat terampil
3 = terampil
2 = cukup terampil
1 = tidak terampil

96-100
86-100
4
A
SB
91-100
81-85
3,66
A-
85-90
76-80
3,33
B+
B
80-84
71-75
3
B
75-79
66-70
2,66
B-
70-74
61-65
2,33
C+
C
65-69
56-60
2
C
60-64
51-55
1,66
C-
55-59
46-50
1,33
D+
K
< - 54
0-45
1
D
















Medan,    Juli 2014          
                Mengetahui:                                                                                                                     
                Kepala Sekolah
Smp Laksamana Martadinata                                                                                      Guru Mata Pelajaran



                 Dra. Surita M.Pd                                                                                                                    Rika mawarni,S.Pd.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar