SELAMAT DATANG DI BLOG ROMA

Senin, 17 November 2014

Pertanyaan Keadilan, Perdamaian dan keutuhan ciptaan

A. Pertanyaan Dan Jawaban
1.      Bagaimana cara anda untuk mewujudkan keutuhan ciptaan?
Caranya adalah:
a. Melakukan penanaman pohon sebagai simbol pertumbuhan dan penghijauan
b. Membudayakan gaya hidup yang ramah dan dekat dengan lingkungan, misalnya  
    tidak membuang sampah sembarangan dan memisahkan sampah plastik.

2.      Jelaskan apa maksudnya Allah memberi kuasa kepada manusia untuk menguasai alam?
Artinya tuhan memberikan kita tanggungjawab sebagai makhluk yang mempunyai hati dan pikiran untuk menjaga, melindungi, dan menggunakan (mengolah) dengan baik dan bertanggungjawab. Semua itu dilakukan agar manusia bisa hidup dengan baik dan berkecukupan.

3.      Sebutkan alasan mengapa kita manusia harus peduli terhadap keutuhan atau kelestarian lingkungan?
Karena :
Tuhan telah berfirman agar manusia melindungi dan menjaga alam. Manusia hidup dari sumber daya alam. Jika alam rusak, manusia akan terkena bencana maka banyak manusia menjadi korban.

4.      Apa yang menyebabkan terjadinya ketidakadilan dan apa akibatnya jika terjadi dalam masyarakat?
Yang menyebabkan terjadinya ketidak adilan karena kerusakan manusia yang mengambil hak orang lain dan struktur di dalam masyarakat yang menguntungkan orang yang mempunyai kekuasaan dan kekayaan.
Akibatnya, adanya jurang yang besar antara si kaya dan si miskin tak berdaya.

5.      Jelaskan pengertian keadilan menurut ajaran iman kristiani?
Keadilan menurut ajaran iman kristiani berarti memberikan kepada orang lain apa yang menjadi haknya. Keadilan juga berkaitan dengan keseimbangan antara hak dan kewajiban setiap orang di masyarakat. Ketidakadilan tidak lepas dari tanggungjawab kita untuk bertindak terhadap orang-orang lain dengan cara yang dapat menjamin setiap orang menerima apa yang perlu untuk keberadaan hidup mereka, oleh karena itu di dalam iman kristiani keadilan selalu dihubungkan dengan kebijaksanaan.

6.      Bagaimana cara kita menerapkan keadilan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari?
Kita dapat menerapkan keadilan dalam kehidupan sehari-hari jika kita bertindak tanpa diskriminasi, tidak merampas milik orang lain (puas dengan apa yang kita miliki), bantuan langsung kepada orang-orang yang mengalami ketidakadilan, membagikan barang yang kita punya kepada mereka yang membutuhkan.

7.      Apa saja kendala-kendala untuk menciptakan masyarakat yang damai?
Untuk menciptakan masyarakat yang damai memerlukan perubahan struktur. Menghadapi situasi yang tidak adil yaitu banyak anggota masyarakat yang acuh-tak acuh dan pasrah saja. Ada kelemahan-kelemahan manusiawi yang dapat menyulitkan dalam memperjuangkan keadilan. Membutuhkan sarana dan dana yang tidak sedikit.

8.      Kita sebagai mahasiswa, bagaimana seharusnya menunjukkan perdamaian di tengah masyarakat?
Caranya menjalin persahabatan antara universitas atau masyarakat dengan saling menghargai satu sama lain, tidak membedakan suku, ras, agama, dan bersikap ramah.

9.      Bagaimana cara manusia memberikan keadilan pada binatang?
Cara manusia salah satunya yaitu dengan melindungi hewan-hewan langka, misalnya manusia membuat kebun-kebun binatang untuk melindungi hewan-hewan langka yang hampir punah, kemudian pemerintah juga membuat peraturan untuk melindungi hewan-hewan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar