RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP SW.
HANG TUAH -2 MEDAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Satu
Materi Pokok : Operasi Bilangan Bulat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap logis,
teliti, bertanggung jawab, dan tidak
mudah menyerah
dalam memecahkan masalah
3.1 Membandingkan dan mengurutkan
beberapa bilangan bulat dan pecahan serta
menerapkan operasi
hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan
memanfaatkan berbagai sifat operasi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Mengurutkan
beberapa bilangan bulat
3.1.2 Menyelesaikan
penjumlahan
dan pengurangan bilangan bulat.
- Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi
dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.
merasa
bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel;
2.
menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.
menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4. membedakan bilangan bulat positif dan negatif.
5.
Menggambar garis bilangan.
6.
Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
- Materi
Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Pada penjumlahan bilangan bulat dapat dilakukan dengan
cara :
1. Dengan
menggunakan garis bilangan.
2. Dengan
menggunakan bola –bola bermuatan.
3. Tanpa
alat bantu.
Permasalahan
1.1
Seorang
penyelam mula – mula berlatih menyelam
dikedalaman 2m di bawah permukaan laut,kemudian dia turun lagi pada
kedalaman 3m dibawah permukaan laut. Dimanakah posisi penyelam itu sekarang?
Alternatif
penyelesaian
Untuk lebih jelas perhatikan garis bilangan
dibawah ini :
Contoh
1.2
Tentukan
hasil dari 20-15 = ......
Alternatif
penyelesaian :
Pada
penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat – sifat komutatif dan asosiatif.
Misalkan : a dan b bilangan bulat maka berlaku
(-a) + (-b) = -a - b
- Metode
Pembelajaran
Tanya-jawab, penugasan individu, dan
ceramah.
- Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian Kegiatan
|
Rencana Waktu
|
Penda-huluan
|
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa;
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
tentang manfaat belajar Bilangan dalam kehidupan sehari-hari;
3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai dalam pertemuan;
4. Siswa menyimak
informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati:Secara klasikal siswa mengamati dan
mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan Bilangan bulat.
|
10 menit
|
2. Menanya: Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati
atau dicermati.
|
10 menti
|
|
3. Mengumpulkan informasi: Siswa
mengumpulkan informasi mengenai cara penjumlahan bilangan bulat.
|
15 menit
|
|
4. Mengolah informasi: siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan, informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan.
|
15 menit
|
|
5. Mengkomunikasikan: siswa secara pribadi
mengkomunikasikan pemahamannya
dengan bahasa sendiri tentang bilangan bulat dan
menggambarkan garis bilangan. Siswa mengembangkan sikap
logis.
|
25 menit
|
|
6.
Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan
mengolah informasi: Secara individu siswa berlatih menjumlahkan
bilangan bulat dengan garis bilangan.
|
10 menit
|
|
7.
Mengkomunikasikan: siswa saling memeriksa,
mengoreksi, dan memberikan masukan
terkait hasil latihan
|
5 menit
|
|
8. siswa melaporkan hasil penyelesaian Latihan. Siswa lain
didorong untuk bertanya dan menanggapi.
Umpan balik dan
penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dilakukan atau
dikomunikasikan siswa.
|
5 menit
|
|
Penutup
|
9. Secara
klasikal dan melalui
tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu
tentang bilangan bulat.
10. Secara
individu siswa melakukan refleksi
(penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar
pada pertemuan ke-1. Siswa
mengembangkan sikap bersyukur.
11. Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR
terlampir)
12. Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan
pada pertemuan berikutnya, yaitu perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
|
15 menit
|
I. Penilaian
Pedoman Observasi Sikap Spritual
Nama Peserta Didik :
…………….........................................…….
Kelas :
……………........................................…….
Tanggal Pengamatan :
………….......................................………..
Materi Pokok :
…………….......................................……..
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual
peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering
tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum
dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas :
……………........................................…….
Tanggal Pengamatan :
………….......................................………..
Materi Pokok :
…………….......................................……..
No
|
Nama Siswa
|
Sikap terbuka
|
Logis
|
Kritis
|
Analitis
|
Kerjasama
|
Teliti
|
Rasa ingin tahu
|
Percaya diri
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3
= apabila sering konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan kadang-kadang
tidak sesuai
aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
1 = apabila
tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
1. Instrumen penilaian
Pertemuan I
Tes Uraian (Waktu: maksimal 10 menit)
Petunjuk:
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak
boleh bekerjasama.
Soal:
1. Dengan
menggunakan garis bilangan hitunglah 7+(-2) = ........
2.
Kapal selam berada dibawah permukaan
laut 10m.kemudian naik 6m.keberadaan kapal selam sekarang ..........
Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
2.
3.
|
5
4 m di bawah permukaan laut
|
5
5
|
|
JUMLAH SKOR
|
10
|
|
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing
Guru Pamong Calon
Pendidik
Lasma
Siagian, S.Pd Mahyeni, S.Pd Roma
Pandiangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar