SELAMAT DATANG DI BLOG ROMA

Minggu, 28 September 2014


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : SMP SW. HANG TUAH -2 MEDAN
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VII / Satu
Materi Pokok               : Operasi Bilangan Bulat
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit


A.      Kompetensi Inti (KI)

1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap logis, teliti, bertanggung jawab,  dan tidak mudah menyerah  
      dalam memecahkan masalah
3.1 Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta
      menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan
      memanfaatkan berbagai sifat operasi

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1 Mengurutkan beberapa bilangan bulat
3.1.2 Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.


  1. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.    merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel;
2.    menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4.    membedakan bilangan bulat positif dan negatif.
5.    Menggambar garis bilangan.
6.    Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
  1. Materi Pembelajaran
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Pada penjumlahan bilangan bulat dapat dilakukan dengan cara :
1.      Dengan menggunakan garis bilangan.
2.      Dengan menggunakan bola –bola bermuatan.
3.      Tanpa alat bantu.

Permasalahan 1.1
Seorang penyelam mula – mula berlatih menyelam  dikedalaman 2m di bawah permukaan laut,kemudian dia turun lagi pada kedalaman 3m dibawah permukaan laut. Dimanakah posisi penyelam itu sekarang?

Alternatif penyelesaian
 Untuk lebih jelas perhatikan garis bilangan dibawah ini :

 




Contoh 1.2
Tentukan hasil dari 20-15 = ......

Alternatif penyelesaian :

Pada penjumlahan bilangan bulat berlaku sifat – sifat komutatif dan asosiatif.

 Misalkan : a dan b bilangan bulat maka berlaku (-a) + (-b)  = -a - b
  1. Metode Pembelajaran
Tanya-jawab, penugasan individu, dan ceramah.

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Penda-huluan
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita  tentang manfaat belajar Bilangan dalam kehidupan sehari-hari;
3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
4. Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
10 menit
Inti
1. Mengamati:Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan Bilangan bulat.
10 menit
2.  Menanya:  Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati.
10 menti
3. Mengumpulkan informasi: Siswa mengumpulkan informasi mengenai cara penjumlahan bilangan bulat.
15 menit
4.  Mengolah informasi: siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan,  informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan.
15 menit
5. Mengkomunikasikan: siswa secara pribadi  mengkomunikasikan  pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang bilangan bulat dan menggambarkan garis bilangan.  Siswa mengembangkan sikap logis.
25 menit
6. Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan mengolah informasi: Secara individu siswa berlatih menjumlahkan bilangan bulat dengan garis bilangan.
10 menit
7. Mengkomunikasikan: siswa saling memeriksa, mengoreksi,  dan memberikan masukan terkait hasil latihan
5 menit
8. siswa melaporkan hasil penyelesaian Latihan. Siswa lain didorong untuk bertanya dan menanggapi.  Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa.
5 menit
Penutup
9. Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu tentang bilangan bulat.
10.  Secara individu siswa  melakukan refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
11.  Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR terlampir)
12.  Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu perkalian dan pembagian bilangan bulat.
15 menit

I. Penilaian
Pedoman Observasi Sikap Spritual
Nama Peserta Didik                  : …………….........................................…….
Kelas                                          : ……………........................................…….
Tanggal Pengamatan                 : ………….......................................………..
Materi Pokok                             : …………….......................................……..
Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan     
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




Jumlah Skor





Lembar Pengamatan Sikap
Kelas                                          : ……………........................................…….
Tanggal Pengamatan                 : ………….......................................………..
Materi Pokok                             : …………….......................................……..



No



Nama Siswa
Sikap terbuka





Logis
Kritis
Analitis
Kerjasama
Teliti
Rasa ingin tahu
Percaya  diri
1









2









     Keterangan Penskoran :
4 =  apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 =  apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan kadang-kadang      
tidak sesuai aspek sikap
2 =  apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
1 =  apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
1.    Instrumen penilaian
Pertemuan I
            Tes Uraian (Waktu: maksimal 10 menit)
            Petunjuk:
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
            Soal:
1.      Dengan menggunakan garis bilangan hitunglah 7+(-2) = ........
2.      Kapal selam berada dibawah permukaan laut 10m.kemudian naik 6m.keberadaan kapal selam sekarang  ..........




Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
NO
KUNCI JAWABAN
SKOR
1.

2.

3.       
5

4 m di bawah permukaan laut
5

5

JUMLAH SKOR
10
 NILAI = (JUMLAH SKOR / 10) x 100
 






Mengetahui,                                                                      
Dosen Pembimbing                            Guru Pamong                                 Calon Pendidik




Lasma Siagian, S.Pd                         Mahyeni, S.Pd                                Roma Pandiangan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar