SELAMAT DATANG DI BLOG ROMA

Minggu, 28 September 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP SW HANG TUAH -2 MEDAN
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VII / Satu
Materi Pokok               : Bilangan Bulat
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit


A.      Kompetensi Inti (KI)

1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar :
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.1 Membandingkan dan mengurutkan berbagai jenis bilangan serta menerapkan operasi
hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.2.1 Membiasakan sikap berani bertanya, berpendapat, mau mendengar pendapat orang
  lain,  dan  bekerja sama dalam kelompok
3.1.1 Mengenal bilangan bulat


C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok siswa dilatih mengembangkan rasa ingin tahu, percaya diri, interaksi yang efektif dan rasa tanggung jawab.
2. Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat yang tampak dalam kehidupan sehari- hari.
3. Siswa dapat membandingkan dua bilangan bulat
D. Materi Pembelajaran
·           Jenis bilangan bulat
·           Membandingkan Bilangan Bulat
E. Metode Pembelajaran :
     Diskusi, tanya jawab, inkuiri (penemuan), dan penugasan.

F. Media Pembelajaran :
     Gambar Termometer

G. Sumber Belajar :
     Buku Matematika kelas VII

H. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.    Guru menyapa siswa dengan salam dilanjutkan doa
2.    Guru mengkondisikan siswa siap belajar
3.    Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
4.    Siswa mendengarkan dan menanggapi tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
5.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara belajar yang akan ditempuh dalam kelompok
10 menit
Inti


















Mengamati
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati angka- angka yang terdapat pada termometer.
2.      Untuk dapat semakin mengenal bilangan bulat, siswa diberikan cerita berikut:
Sepanjang bulan Januari 2014, suhu di Eropa berubah naik turun secara drastis. Saat siang hari bisa mencapai 100C di atas titik beku. Sedangkan pada malam hari bisa mencapai 150C di bawah titik beku.
Menanya
1.      Setelah mengamati termometer, siswa diminta untuk memberikan keterangan mengenai apa yang mereka lihat.
2.      Siswa diminta untuk memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan bulat.
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik diarahkan untuk mengumpulkan informasi mengenai jenis bilangan bulat.
Mengasosiasi/ Menganalisis Data atau Informasi
Peserta didik bersama dengan guru menganalisis cerita yang diberikan di awal pertemuan. Ungkapan 10 di atas titik beku dan 15 di bawah titik beku, secara berurutan dapat dituliskan sebagai “+10”, dibaca positif 10 dan “-15”, dibaca negatif 15. Bilangan tersebut merupakan contoh bilangan bulat.
Mengkomunikasikan
Siswa diminta untuk memberikan contoh bilangan bulat yang lain dan membacakan hasil pekerjaannya.
60 menit




















Penutup
1.    Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang jenis bilangan bulat.
2.    Memberikan Uji Kompetensi
10  menit


Pertemuan II:
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.    Guru menyapa siswa dengan salam
2.    Guru mengkondisikan siswa siap belajar
3.    Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
4.    Siswa mendengarkan dan menanggapi tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
5.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara belajar yang akan ditempuh dalam kelompok
10 menit
Inti


















Mengamati
     Untuk lebih memahami cara membandingkan dua bilangan bulat, peserta didik diberikan cerita sebagai berikut:
Pak yogi berencana menjual rumahnya karena akan ditinggalkan pergi ke luar negeri. Penawaran pertama harga rumah pak yogi dengan harga Rp 250.000.000 sedangkan penawaran kedua menawar rumah pak yogi dengan harga Rp 260.000.000. jika pak yogi ingin menjual dengan harga setinggi mungkin, maka penawaran yang manakah seharusnya diterima pak yogi?

Menanya
Peserta didik diminta untuk memberikan pertanyaan dengan kata kunci “membandingkan dua bilangan”. Contoh: bagaimana cara membandingkan dua bilangan.
Mengumpulkan Informasi
Peserta didik diminta untuk mengumpulkan informasi mengenai cara membandingkan dua bilangan bulat.
Mengasosiasi/ Menganalisis Data atau Informasi
Peserta didik bersama guru menganalisis informasi yang diperoleh mengenai cara membandingkan dua bilangan bulat.
Mengkomunikasikan
Siswa diminta untuk memberi alternatif penyelesaian atas soal cerita yang diberikan dan mempresentasekannya.
60 menit







Penutup
1.    Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang membandingkan dua bilangan bulat.
2.    Memberikan Uji Kompetensi
10       menit

I. Penilaian
Pedoman Observasi Sikap Spritual
Nama Peserta Didik                  : …………….........................................…….
Kelas                                          : ……………........................................…….
Tanggal Pengamatan                 : ………….......................................………..
Materi Pokok                             : …………….......................................……..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




Jumlah Skor





Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

    
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas                                          : ……………........................................…….
Tanggal Pengamatan                 : ………….......................................………..
Materi Pokok                             : …………….......................................……..




No



Nama Siswa
Sikap terbuka





Logis
Kritis
Analitis
Kerjasama
Teliti
Rasa ingin tahu
Percaya  diri
1









2









3










     Keterangan Penskoran :
4 =   apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 =   apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan kadang-kadang       tidak sesuai aspek sikap
2 =  apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak
1 =  apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
1.    Instrumen penilaian
Pertemuan I
            Tes Uraian (Waktu: maksimal 10 menit)
            Petunjuk:
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
            Soal:
Tuliskanlah kalimat berikut dalam notasi bilangan bulat!
1.      25 m di bawah permukaan laut
2.      300C di bawah titik beku
3.      8 m di atas permukaan laut
Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
NO
KUNCI JAWABAN
SKOR

1.
2.
3.
Penyelesaian
-25
-30
8

2
2
2

JUMLAH SKOR
6
 NILAI = (JUMLAH SKOR / 6) x 100
 



Pertemuan II
            Tes Uraian (Waktu: maksimal 10 menit)
            Petunjuk:
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
            Soal:
.      Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
         a. Tulislah bilangan bulat positifnya.
         b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.
         c.  Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun negatif.

Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
NO
KUNCI JAWABAN
SKOR

.

Penyelesaian
a.    Bilangan bulat positif: 10, 15, 24, +85, 3
b.    Bilangan bulat negatif : -60
c.    Bilangan yang bukan bilangan bulat positif maupun negatif : 0

2
2
1

JUMLAH SKOR
5
 NILAI = (JUMLAH SKOR / 5) x 100
 






Mengetahui,                                                                      
Dosen Pembimbing                            Guru Pamong                                 Calon Pendidik





Lasma Siagian, S.Pd                         Mahyeni, S.Pd                                Roma Pandiangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar